Cara Install Driver Laptop / PC Windows Secara Otomatis

Install driver merupakan salah satu hal yang harus dilakukan setelah install Windows. Tujuannya, agar semua hardware perangkat bisa terintegrasi dengan sistem operasi.

Ketika install Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 10, maupun Windows 11, semua data hardisk (disk C) akan terhapus, termasuk instalasi driver.

Untuk itu, kita harus melakukan instalasi driver pada perangkat yang digunakan, entah itu laptop ataupun komputer.

Bagi Anda yang sudah tidak memiliki CD/DVD driver bawaan jangan khawatir, cara install driver Windows ini bisa dilakukan menggunakan aplikasi.

Lebih dari itu, Anda juga bisa melakukan cara ini dengan proses otomatis, dalam artian tidak perlu menginstall driver manual satu per satu.

Cara Install Driver Laptop dengan Driver Booster

Driver Booster merupakan salah satu aplikasi terbaik yang sering digunakan untuk hal yang berkaitan dengan driver, bisa untuk install ataupun update driver.

Aplikasi ini memiliki 2 versi penggunaan, yaitu gratis dan berbayar. Namun, untuk menginstall driver laptop Anda bisa menggunakan versi gratis saja.

Berikut cara menggunakan Driver Booster:

  1. Pertama, silahkan unduh Driver Booster terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, install dan buka aplikasi tersebut.
  3. Di halaman utama aplikasi, silahkan klik tombol Scan now dan tunggu proses scan driver.
  4. Jika sudah selesai, silahkan centang driver yang ingin Anda install dan update lalu klik Update Now.install driver laptop
  5. Tunggu proses download dan update driver. Lama proses ini tergantung ukuran driver yang dipilih, semakin besar tentu akan semakin lama prosesnya.proses update driver laptop windows
  6. Setelah semuanya selesai, silahkan klik Reboot untuk merestart perangkat agar driver tersebut segera mengintegrasikan hardware dengan sistem operasi.cara install driver laptop
  7. Selesai.

Jika laptop Anda adalah laptop non-gaming, Driver Booster akan menginstall semua driver yang tersedia tanpa kendala.

Namun, jika Anda menggunakan laptop gaming, mungkin ada beberapa driver (khusus game) yang tidak bisa diinstall ataupun diupdate karena masih menggunakan versi gratis.

Untuk bisa menginstall dan mengupdate driver game, maka Anda harus berlangganan Driver Booster dari iObit terlebih dahulu.

Cara Install Driver Komputer dengan DriverPack

Sedikit berbeda dengan Driver Booster, aplikasi DriverPack benar-benar bisa digunakan secara gratis tanpa berlangganan.

Hanya saja, aplikasi ini akan menginstall aplikasi lain yang tidak kita kehendaki seperti Opera, Chrone Browser, dan beberapa aplikasi lainnya.

Jadi, setelah Anda berhasil menginstall driver laptop, nantinya Anda harus menghapus aplikasi yang diinstall otomatis oleh DriverPack.

Sekadar tips tambahan, jika saat proses install driver muncul pop up untuk install aplikasi tambahan, silahkan klik No saja agar aplikasi tersebut tidak terinstall.

Berikut cara menggunakan DriverPack:

  1. Silahkan unduh DriverPack online terlebih dahulu lalu install aplikasinya.
  2. Setelah instalasi selesai, aplikasi DriverPack akan terbuka secara otomatis. Di halaman utama, silahkan klik Open expert mode dan tunggu beberapa saat.cara install driver komputer
  3. Setelah itu, centang semua driver yang ingin Anda install lalu klik Install all pada bagian atas.install driver windows
  4. Tunggu proses instalasi driver selesai. Ingat ya, kalau muncul pop up untuk install aplikasi tambahan, silahkan klik No saja.cara install driver windows
  5. Setelah semua driver berhasil diinstall, langsung saja restart perangkat Anda dengan klik Restart (recommended).
  6. Selesai.

Nah, sampai disini Anda sudah berhasil menginstall driver Windows di laptop maupun komputer.

Tapi ingat, ada satu hal yang harus dilakukan ketika Anda menggunakan DriverPack yaitu uninstall aplikasi yang diinstall secara otomatis.

Untuk menghapusnya, silahkan langsung masuk saja ke Control Panel > ubah View by menjadi Small icons > Program and Features > hapus aplikasi tersebut.

Untuk memudahkan pencarian aplikasi, Anda bisa melihat tanggal instalasi paling baru. Atau bisa juga mengurutkan tanggal instalasi tersebut dengan klik Installed On pada bagian bar atas Control Panel.

Nah, seperti itulah cara install driver Windows tanpa menggunakan CD/DVD, cukup menggunakan aplikasi Driver Booster dan DriverPack saja.

Jika ada yang mengalami kesulitan saat mempraktikkan cara di atas, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar.

Pemuda Magelang yang pernah bekerja di salah satu tempat service komputer Jogja ;-)

Update:

Tinggalkan komentar