Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala (Semua Merk)

Sebagai salah satu perangkat yang cukup sering digunakan untuk keperluan penting, masalah laptop tidak bisa menyala agaknya menjadi permasalahan yang menjengkelkan.

Bagaimana tidak? Bisa dibilang, masih banyak pengguna laptop yang tidak paham dengan permasalahan tersebut sehingga hal pertama yang terjadi adalah “bingung.”

Jika ingin cepat-cepat kelar permasalahan tersebut, orang-orang akan langsung pergi ke tempat service laptop terdekat untuk mendapatkan solusi dan perbaikan.

Lain halnya jika Anda ingin mencari tahu terlebih dahulu, kemungkinan Anda akan berselancar di internet dan berlabuh di artikel cara mengatasi laptop yang tidak bisa menyala.

Nah, jika kebetulan Anda masuk ke artikel ini, bisa dikatakan cukup tepat karena kali ini saya akan memberikan beberapa solusi untuk permasalahan tersebut.

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Menyala

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita ketahui terlebih dahulu beberapa permasalahan laptop yang tidak bisa menyala ini.

Biasanya, permasalahan ini akan meliputi beberapa hal berikut:

  • Laptop tidak menyala namun lampu power hidup
  • Laptop menyala namun layar mati
  • Laptop menyala namun tidak muncul gambar
  • Laptop menyala layar berwarna abu-abu
  • Laptop tidak bisa menyala sama sekali

Meskipun tidak bisa dikatakan sama, kita tetap bisa kok mengatasi permasalahan di atas dengan cara yang sama.

Perlu menjadi catatan, cara yang saya bagikan ini tidak sepenuhnya berhasil. Bisa saja, permasalahan antara laptop A dan B berbeda sehingga penyelesaiannya juga berbeda.

Paling tidak, Anda sudah mencoba terlebih dahulu. Kalau sudah mentok, baru deh bisa membawanya ke tempat service laptop.

Cek Baterai Laptop

cek baterai laptop

Langkah awal yang umum dilakukan ketika laptop tidak bisa menyala adalah mengecek sumber power laptop yaitu baterai.

Silahkan Anda periksa apakah baterai tersebut masih normal atau tidak. Umumnya, jika baterai tersebut masih berfungsi harusnya akan mengisi ketika di-charge.

Jikapun baterai sudah drop, seharusnya laptop tetap bisa menyala. Namun jika ternyata mati, ada kemungkinan memang terdapat kerusakan pada baterai.

Selain baterai, Anda juga harus memastikan apakah charger yang digunakan berfungsi atau tidak. Jangan sampai sudah berkesimpulan baterai rusak, eh ternyata charger-nya yang tidak berfungsi.

Terakhir di poin pertama, sebelum mengambil kesimpulan apakah permasalahannya terletak pada baterai atau bukan, silahkan lanjut ke poin berikutnya.

Charge Laptop Tanpa Baterai

charge laptop tanpa baterai

Jika laptop Anda tidak bisa menyala ketika di-charge dalam keadaan baterai masih terpasang, silahkan coba untuk charge laptop tanpa baterai.

Kalau laptop tersebut berhasil menyala ketika di-charge tanpa baterai, ada kemungkinan permasalahannya terletak pada baterainya.

Jika sudah begitu, mungkin memang sudah waktunya Anda mengganti baterai laptop tersebut. Silahkan bisa membelinya di toko komputer yang terpercaya.

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa menyala dengan charge tanpa baterai ini juga pernah saya lakukan, alhamdulillah berhasil.

Setelah itu, langkah tambahan yang saya ambil adalah membelikan laptop tersebut baterai baru agar laptop tetap bisa digunakan dengan normal, tidak harus terhubung dengan listrik terus.

Lakukan Power Reset

Power reset merupakan langkah untuk memutuskan daya listrik yang mengalir pada komponen laptop seperti RAM, hardisk, dan hardware lainnya.

Terkadang ketika kita mematikan laptop dengan tombol power ataupun langsung mencabut baterai, laptop tersebut tidak bisa menyala sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita bisa mencoba untuk melakukan power reset. Silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pastikan laptop dalam keadaan mati.
  2. Jika sudah, cabut baterai agar laptop benar-benar tidak memiliki power.
  3. Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik, setelah itu lepaskan.
  4. Hubungkan kembali charger ke laptop dan pasangkat baterai di tempatnya.
  5. Terakhir, coba nyalakan laptop Anda.

Jika laptop Anda masih belum menyala juga, silahkan lanjut ke cara berikutnya. Masih ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Cek Monitor Laptop

Jika laptop Anda masih bisa menyala akan tetapi di layar tidak muncul tampilan apapun (hanya hitam ataupun abu-abu), maka Anda bisa cek monitor laptop tersebut.

Kalau saya pribadi, biasanya melakukan pengecekan monitor laptop dengan monitor tambahan dan kabel VGA / HDMI.

Caranya, hubungkan monitor tambahan tersebut ke laptop dengan menggunakan kabel HDMI. Jika sudah, silahkan perhatikan tampilan apa yang muncul di monitor.

Jika Anda melihat tampilan laptop, bisa dipastikan kalau monitor laptop Anda memang bermasalah. Bisa juga kabel penghubung monitor laptop tersebut yang bermasalah.

Namun jika Anda tidak melihat tampilan apapun setelah menghubungkan monitor tambahan, permasalahan laptop tidak menyala bukan disebabkan oleh kerusakan monitor.

Periksa RAM / Memori

periksa ram atau memori

Berdasarkan pengalaman pribadi, RAM yang tidak terdeteksi laptop akan membuat laptop tersebut tidak bisa menyala. Jikapun bisa menyala, biasanya akan langsung mati.

Untuk itu, silahkan periksa apakah RAM tersbeut bermasalah atau tidak. Untuk langkah pertama, Anda hanya perlu memastikan RAM terpasang dengan benar di tempatnya.

Setelah itu, coba nyalakan laptop apakah bisa menyala atau belum. Jika masih belum menyala, lepas kembali dan bersihkan kuningan RAM tersebut.

Untuk membersihkan RAM laptop, Anda bisa menggunakan penghapus karet yang banyak tersedia di warung ataupun fotocopy terdekat.

Gosokkan penghapus karet tersebut ke bagian kuningan RAM secara perlahan. Lakukan secara merata hingga semua bagian bersih dari kotoran.

Setelah bersih, pasang kembali RAM tersebut dan nyalakan laptop. Kalau laptop berhasil menyala, berarti permasalahan terletak pada RAM yang kotor atau posisinya tidak pas saat memasangnya.

Namun jika laptop belum menyala juga, silahkan langsung melangkah ke cara terakhir untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Bawa ke Service Laptop

Nah, jika semua cara di atas sudah dilakukan akan tetapi tidak menemukan titik terang, maka langkah pamungkas terbaik adalah membawanya ke tempat service laptop.

Silahkan Anda cari tempat service laptop terdekat dari rumah Anda. Untuk menemukannya, bisa juga dengan memanfaatkan Google Maps.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah, Anda harus memastikan kalau tempat service tersebut memang terpercaya dan terkenal bagus (bisa cek review di Maps).

Dengan membawanya ke tempat service, laptop Anda akan mendapatkan penanganan lebih lanjut karena pasti akan ditangani oleh yang sudah ahli.

Sebenarnya masih banyak langkah yang bisa dicoba, namun karena keterbatasan alat untuk mempraktikkan cara ini, saya mengurungkan niat untuk menuliskannya di artikel ini.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa menyala. Semoga bisa menjadi gambaran sederhana dan menambah wawasan kita semua.

Pemuda Magelang yang pernah bekerja di salah satu tempat service komputer Jogja ;-)

Update:

Tinggalkan komentar